Kamis, 29 Maret 2012

Peran Guru Dalam Membiasakan Kejujuran Akademik



Dewasa ini kebutuhan akan kejujuran menjadi hal yang langkah untuk bisa ditemui. Di lingkungan akademik sempat terdengar beberapa peristiwa seperti ada sekolah yang membiarkan muridnya untuk mencontek atau bahkan memberikan bocoran jawaban supaya semua siswa di sekolah tersebut dapat lulus ujian nasional. Hal tersebut sangat mencoreng nama institusi pendidikan, dimana sekolah seharusnya sebagai tempat pendidikan karakter bangsa malah melakukan hal yang tidak seharusnya.
Berdasarkan fenomena tersebut, sebenarnya apakah arti dari kejujuran akademik, mengapa kejujuran akademik itu menjadi hal yang penting. Jujur biasa kita artikan sebagai suatu sikap baik berupa pemikiran, tulisan, ucapan maupun perbuatan yang sesuai dengan kenyataan. Jika kejujuran tersebut diterapkan dalam lingkungan pendidikan maka hal tersebut dinamakan kejujuran akademik.
Mengapa kejujuran akademik itu menjadi hal yang penting? Untuk menjawab pertanyaan ini, kita dapat melihat kembali tujuan pendidikan nasional yaitu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Cerdas disini bukan hanya dalam kemampuan pengetahuan akademik tapi juga cerdas dalam berkarakter yang baik. Salah satu indikator yang menunjukkan keberhasilan dalam proses pembelajaran untuk mencerdaskan kehidupan bangsa itu adalah bukan hanya dilihat dari keberhasilan siswa memperoleh nilai yang cemerlang tetapi juga keberhasilan guru dalam menanamkan akhlak yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga anak didiknya selain memiliki kemampuan akademik juga memiliki karakter, sikap mental, kebiasaan mandiri, jujur, dan konsisten untuk terus belajar meningkatkan kemampuan dirinya.
Setelah mengetahui tentang pentingnya kejujuran akademik tersebut, maka akan muncul pertanyaan bagaimanakah cara agar kejujuran akademik itu dapat terwujud. Salah satu penentu terwujudnya hal itu adalah guru. Karena guru selalu berinteraksi dengan lingkungan belajar mengajar, baik dengan anak didik maupun dengan orang-orang yang terkait di dalam institusi pendidikannya.
Sekolah adalah tempat dimana proses pembelajaran terjadi. Penanaman sikap mental yang baik lewat pembelajaran turut andil dalam membentuk karakter seorang anak. Anak selalu meniru apa yang diperlihatkan oleh orang disekililingnya. Sehingga penanaman sikap mental lewat pendekatan perilaku yang dicontohkan guru sangat mempengaruhi pola pikir dan sikap mental anak tersebut.
Sebagai contoh, di sekolah kita selalu menggembar-gemborkan slogan “disiplin diri tanpa disuruh, bekerja tanpa diawasi”. Jika kita sebagai guru tidak berperilaku sesuai slogan tersebut maka anak didik kita juga akan menggangap remeh bahkan akan malas untuk melakukannya karena ternyata panutannya juga tidak melakukan. Sehingga jika guru ingin menanamkan sikap mental jujur dalam perilaku akademik maka terlebih dahulu hal pertama yang harus dilakukan adalah mencontohkannya.
 Perilaku teladan dari guru mampu menunjukkan manfaat dari sikap yang di lakukan. Misalkan dengan selalu datang tepat waktu, selalu menepati apa yang diucapkan, konsisten dalam pemberian tugas dan penilaian, tidak bersikap subjektif atau pilih kasih, melakukan transparansi nilai , dan sebagainya. Sehingga setiap anak didik merasakan manfaat dari perkataan dan perilaku yang kita lakukan, mendapatkan kejelasan nilai dan dapat juga mengkritisi atau mempertanyakan jika ada masalah belajar atau nilai hasil belajarnya.
Cara kedua yang perlu ditanamkan agar terwujud sikap mental jujur dalam kegiatan akademik , yaitu penanaman pengertian “nilai memang kita butuhkan, namun nilai bukan segala-galanya”. Belajar bukan bertujuan untuk mendapatkan nilai yang baik. Tugas kita sebagai anak adalah belajar untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat bagi kehidupan. Ilmu tersebut bukan hanya berguna untuk diri sendiri, melainkan akan jauh lebih berharga jika dapat dimanfaatkan untuk kehidupan masyarakat luas.
Al-Quran juga telah menyebutkan bahwa salah satu amalan jariyah adalah ilmu yang bermanfaat. Kita sebagai umat Islam sudah sewajarnya termotivasi ketika telah ditunjukkan manfaat dari belajar yaitu untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat.
Dengan menanamkan pengertian “nilai bukanlah tujuan akhir melainkan ilmu yang bermanfaat” maka akan terbentuk sikap mental anak belajar sebaik-baiknya untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Jika kita menguasai ilmu maka otomatis nilai hasil belajar akan mengikuti dengan sendirinya. Tidak lagi diperlukan sikap kebohongan akademik seperti mencontoh, copy-paste, menjiplak, melihat catatan saat ujian dan sebagainya karena anak mengerti bahwa perilaku tersebut tidak akan membuat mereka memperoleh ilmu yang bermanfaat. Seperti kutipan favorit saya dalam film 3idiots “kejarlah kesempurnaan maka kesuksesan akan mengikuti” .
Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk menanamkan sikap kejujuran akademik yaitu memberikan “reward and punishment”. Tunjukkan penghargaan bagi mereka yang melakukan kejujuran lewat ucapan sederhana seperti perkataan “bagus sekali !, “terima kasih ya..” sehingga akan menjadi kebiasaan baik. Sebaliknya tunjukkan hukuman yang akan mereka dapatkan jika anak tetap memelihara kebiasaan “kebohongan akademik” misalnya dengan pengurangan point, dan yang lebih utama tunjukkan akibat fatal jika kita terus memelihara kebiasaan buruk tersebut yaitu melakukan kebohongan akademik akan membuat bodoh diri kita sendiri, menginginkan semuanya serba instan, selanjutnya kita tidak akan mampu untuk belajar ke jenjang yang lebih tinggi. Sekali orang melakukan kebohongan maka dia akan terus melakukan kebohongan yang lain untuk menutupi kebohongan awal atau bahkan menjadi kebiasaan dan lama kelamaan merasa perbuatan yang dilakukannya adalah hal yang wajar. Nauudzubillah min dzalik..
Semoga beberapa cara yang saya kemukakan di atas dapat dijadikan referensi membantu kita sebagai guru maupun orangtua untuk membangun kejujuran akademik pada anak. Dengan kerjasama dan pengertian yang baik antara guru-anak-orangtua maka akan membantu membangun kejujuran akademik tersebut akan terus terpelihara.

MEDIA BELAJAR MATEMATIKA





"Semakin banyak kita berbagi, maka semakin banyak pula yang kita dapatkan"


Prinsip itulah yang mendorong saya untuk berbagi kepada pembaca blog ini.Semoga beberapa materi pembelajaran matematika berikut dapat bermanfaat untuk siapapun yang membutuhkannya. Berikut ini beberapa materi pelajaran yang dapat di download, cukup klik linknya saja ya...

KELAS 7 SMP
SEMESTER GANJIL

Bilangan Bulat dan Pecahan
http://www.4shared.com/office/tCeKujHb/bilangan-bulat.html

Operasi Hitung Bilangan Bulat
http://www.4shared.com/file/kW3xwfoc/Ppt_12_OPERASI_HITUNG_BIL_BULA.html

Aritmatika Sosial
http://www.4shared.com/office/vMPonY7p/aritmatika-sosial_2.html


SEMESTER GENAP
Himpunan
http://www.4shared.com/office/BaJx9l-R/VENN1.html

Garis dan Sudut
http://www.4shared.com/file/T-gcSXOh/GARIS_DAN_SUDUT_1.html

Segitiga
http://www.4shared.com/file/SGj6h0wU/SEGITIGA.html

Segiempat
http://www.4shared.com/office/i-B3hewU/segi-empat_2.html

KISI-KISI UJIAN TENGAH SEMESTER GENAP KELAS 7

http://www.4shared.com/office/qqSBxXXb/PENGAYAAN_KELAS_7.html
http://www.4shared.com/file/kViBBOXY/UH_PERBANDINGAN.html
http://www.4shared.com/office/cNj-tz6a/Himpunan.html

KELAS 8 SMP
SEMESTER GANJIL
Operasi Aljabar
http://www.4shared.com/office/hKTJDaXZ/OPERASIALJABAR-oke.html

Persamaaan Garis Lurus
http://www.4shared.com/office/Jvdxq5Ta/LATIHAN_SOALpersamaangarisluru.html

Persamaan Linear Dua Variabel
http://www.4shared.com/office/fQ1fcRjD/PERSAMAANLINEARDUAVARIABEL-oke.html



SEMESTER GENAP
Penerapan Teorema Pythagoras
http://www.4shared.com/office/FlZXEPee/PENERAPANPYTHAGORAS-oke.html

Lingkaran
http://www.4shared.com/file/MJk5LE2v/media_lingkaran_new.html

Prisma dan Limas
http://www.4shared.com/office/82FiNuA2/prisma_kubus-balok-limas.html

KISI-KISI UJIAN TENGAH SEMESTER GENAP KELAS 8

http://www.4shared.com/office/IesXlp3E/Lingkaran.html
http://www.4shared.com/office/qJIBHZrK/PrismadanLimas.html
http://www.4shared.com/office/rQ23_047/LATIHAN2.html

HASIL KARYAKU



Semester baru, Semangat baru!

Kita bertemu lagi di semester genap ini, maap baru bisa sekarang mengupload hasil karya murid-murid tercinta... Semoga bisa digunakan sebagai referensi belajar bersama. Silahkan langsung saja lihat pada link berikut. Klik ya linknya...jangan lupa beri komentar juga :)

HASIL KARYAKU

RUANG KELAS 7C: 
KELOMPOK 1

KELOMPOK 2


KELOMPOK 4
RUANG KELAS 8: 

KELOMPOK 3

KELOMPOK 4

KELOMPOK 5