Selasa, 18 September 2012

yang terjadi setelah satu tahun berlalu..

Setahun telah berlalu
Alhamdulillah sudah setahun berlalu sejak saya mengajar di SMP Muhammadiyah 4 Surabaya. Banyak cerita yang telah berlalu suka/susah, meskipun demikian lebih banyak canda tawanya. Sebenarnya susah juga tidak berarti  yang sebenarnya, lebih tepatnya menjalankan kewajiban sebagai guru seperti membuat perangkat pembelajaran, bersosialiasasi dalam organisasi sekolah, melakukan tanggung jawab untuk mendidik tidak hanya sekedar mengajar. Memang mendidik anak itu gampang-gampang susah. Karena itulah saya mengatakan tadi ada cerita suka/ susah nya.
Setelah dijalani dengan setulus hati memang mendapatkan hati anak tidak semudah menyuruh. Semuanya dengan ketulusan dan penanaman nilai moral lah yang bisa menunjukkan kesungguhan hati kita. Seiring dengan berjalannya waktu saya menyadari banyak kekurangan yang masih saya miliki. Sampai saat inipun saya masih belajar bagaimana caranya bisa mendidik dengan baik, lebih tepatnya dimulai dengan mendidik diri saya terlebih dahulu menjadi baik. Karena seorang anak lebih mempercayai apa yang ditunjukkan orang tuanya daripada sekedar kata-kata suruhan. Sehingga teladan guru sebagai orang tuanya di sekolah sangat mempengaruhi kebiasaan dan pola pikir anak tersebut.

Sedangkan cerita sukanya banyak sekaliiiiii ^^. Selain berinteraksi saat mengajar dengan anak-anak yang kebanyakan masih polos dan lucu-lucu juga banyak kegiatan sekolah yang menyenangkan untuk diikuti. Seperti pelatihan ldks/ perkemahan HW  baik ke Prigen maupun ke Gresik, tadabbur alamnya menyegarkan sekali. Ada juga program KTS mengunjungi perusahaan multinasional PT Amerta Indah Otsuka (Pocari Sweat) dan beberapa tempat tujuan lainnya. Sempat membina anak-anak mengikuti olimpiade matematika, meskipun masih belum berhasil mengantarkan jadi juara namun insyaallah di tahap tahun pertama ini bisa dijadikan pembelajaran untuk tahun berikutnya. Kita juga mengikuti MEAward ke UM Malang , disini diadakan lomba kreatifitas guru dan olimpiade juga untuk anak-anak. Alhamdulillah SMP Muhammadiyah 4 Surabaya berhasil masuk Top Ten Sekolah Unggul Se-Jatim, dan ada bapak dan ibu guru yang berhasil menjuarai lomba Blog guru dan media pembelajaran. Selain itu kegiatan-kegiatan rutin lainnya juga banyak seperti setiap sabtu diadakan senam dilanjut pelatihan ngaji dan IT untuk membina kekompakan dan pembelajaran bersama antarguru, kegiatan pengajian dan arisan setiap empat bulan sekali juga ada. Sedangkan baru-baru ini dalam bulan Ramadhan diadakan pembagian takjil gratis bersama keluarga besar SMP Muhammadiyah 4 Surabaya di sekitar RSAL. Alhamdulillah banyak hal bisa diambil pembelajaran selama setahun ini, semoga di tahun berikutnya bisa lebih baik lagi dan bisa merealisasikan apa-apa yang belum sempat terwujud. Amiiiiin





Tidak ada komentar:

Posting Komentar